Minggu, 02 Desember 2012

Bentuk Interaksi Sosial


Bentuk – bentuk Interaksi Sosial dan Contoh – contoh :

Interaksi sosial yang bersifat asosiatif, yakni yang mengarah kepada bentuk - bentuk asosiasi (hubungan atau gabungan) seperti :

Kerja sama
Kerja sama adalah suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

Contoh dari kerja sama yaitu :
-membersihkan selokan yang dipenuhi dengan sampah secara bersama-sama dan saling bergotong royong untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih.

-kerjasama dalam bentuk menanam pohon secara bersama-sama agar bumi ini kembali hijau lagi. kerjasama sangat penting dalam kehidupan kita, karena tanpa adanya kerjasama kita tidak akan menjadi makhluk sosial. Dengan menanam pohon otomatis kita akan berkomunikasi dengan individu lain dan berinteraksi dengan baik.

 Akomodasi
Akomodasi memiliki dua makna, yaitu sebagai keadaan dan proses. Akomodasi sebagai keadaan mengacu pada keseimbangan interaksi antar individu atau antar kelompok yang berkaitan dengan nilai dan norma sosial yang berlaku. Akomodasi sebagai sebuah proses mengacu pada usaha-usaha manusia untuk meredakan suatu pertentangan agar tercipta keseimbangan.

Akomodasi sebenarnya merupakan suatu cara untuk menyelesaikan pertentangan tanpa menghancurkan lawan. Tujuan Akomodasi berbeda-beda, tergantung pada situasi yang dihadapi.


Didalam hidup bermasyarakat sudah pasti kita mengalami konflik, baik itu antar individu maupun kelompok. gambar di atas merupakan contoh dari akomodasi yang terjadi didalam rapat yang mencoba memberi putusan yang baik dalam menyelesaikan konflik yang ada didalam rapat tersebut, salah satunya melalui musyawarah bersama untuk mencapai kesepakatan bersama.

Contoh lain dari akomodasi yaitu 

"SIDANG MPR " Sidang MPR merupakan suatu bentuk musyawarah yang bertujuan untuk mendapatkan mufakat bersama agar dapat menyatuakan perbedaan pendapat supaya tidak menimbulakan adanya Pertentangan.


Asimilasi

Asimilasi adalah proses sosial yang timbul bila ada kelompok masyarakat dengan latar belakang kebudayaan yang berbeda, saling bergaul secara intensif dalam jangka waktu lama, sehingga lambat laun kebudayaan asli mereka akan berubah sifat dan wujudnya membentuk kebudayaan baru sebagai kebudayaan campuran. 
Dalam asimilasi terjadi proses identifikasi diri dengan kepentingan-kepentingan dan tujuan kelompok. Apabila dua kelompok atau dua orang melakukan asimilasi, maka batas-batas antar kelompok akan hilang dan keduanya melebur menjadi satu kelompok yang baru.


Akulturasi

Akulturasi adalah proses sosial yang timbul, apabila suatu kelompok masyarakat manusia dengan suatu kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur - unsur dari suatu kebudayaan asing sedemikian rupa sehingga lambat laun unsur - unsur kebudayaan asing itu diterima dan diolah ke dalam kebudayaan sendiri, tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian dari
kebudayaan itu sendiri.

Contoh dari akulturasi yaitu:
-Candi Prambanan merupakam Bentuk Akulturasi Budaya Indonesia-Thailand. Hal tersebut di lihat dari ukiran-ukirannya yang masih bernuansa thailand.

-Candi Borobudur yang merupakan perpaduan antara kebudayaan India dan kebudayaan Indonesia. Demikian juga musik keroncong yang merupakan perpaduan antara musik Portugis dan musik Indonesia.
  Candi Prambanan merupakam Bentuk Akulturasi Budaya Indonesia-Thailand. Hal tersebut di lihat dari ukiran-ukirannya yang masih bernuansa t

Tidak ada komentar:

Posting Komentar